Baca Notice Blog

Baca Notice Terbaru disini.

Donasi Untuk Blog ini

Berikan Donasi seikhlasnya.

Contoh RPP K13 Untuk SMP Kelas VII Semester 1

Contoh RPP K13 Untuk SMP Kelas VII  Semester 1

Baca Juga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan              :  SMP Pelita Bangsa
Mata pelajaran                    :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     :  VII / Semester 1
Materi Pokok                       Objek IPA dan Pengamatan
Sub Materi                         : Besaran pokok dan Pengukurannya
Alokasi waktu                      :  2 x 40 menit  ( 2 JP )

A.    KOMPETENSI INTI

KI-2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli   (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, skeptis dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-4.Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,     mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
          membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yangdipelajardi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, skeptis dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.1      Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
Indikator:
1.       Menjelaskan tiga komponen keterampilan proses: pengamatan, interferensi, komunikasi dan kegunaan mempelajari IPA.
2.       Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
3.       Menjelaskan pengertian pengukuran dan pentingnya satuan baku.
4.       Menjelaskan pengertian besaran pokok.
5.       Menjelaskan perumusan satuan standar ( baku ) dari besaran pokok: panjang, massa dan waktu.
6.       Menjelaskan pengertian besaran turunan.
7.       Menerangkan cara pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ( luas, volume dan kecepatan ).
4.1      Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri mahkluk hidup dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indikator:
1.       Menyajikan hasil pengukuran dari besaran-besaran pokok : panjang, massa dan waktu ke dalam tabel.
2.       Menyajikan hasil pengukuran dari besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ( luas, volume dan kecepatan ) ke dalam tabel.
3.       Mengomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk presentasi.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses: pengamatan, interferensi, komunikasi dan kegunaan mempelajari IPA.
2.       Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
3.       Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan pengertian pengukuran dan pentingnya satuan baku.
4.       Setelah melakukan percobaan pengukuran, siswa dapat menjelaskan pengertian besaran pokok.
5.       Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan perumusan satuan standar ( baku ) dari besaran pokok: panjang, massa dan waktu.
6.       Setelah melakukan percobaan pengukuran, siswa dapat menjelaskan pengertian besaran turunan.
7.       Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menerangkan cara pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ( luas, volume dan kecepatan ).
8.       Setelah melakukan percobaan pengukuran, siswa dapat menyajikan hasil pengukuran dari besaran-besaran pokok : panjang, massa dan waktu ke dalam tabel.
9.       Setelah melakukan percobaan pengukuran, siswa dapat menyajikan hasil pengukuran dari besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ( luas, volume dan kecepatan ) ke dalam tabel.
10.    Setelah melakukan percobaan pengukuran, siswa dapat mengomunikasikan hasil pengukuran melalui presentasi.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Besaran Pokok dan Pengukurannya
1.        Arti besaran
2.       Besaran Pokok
3.       Macam-macam Besaran Pokok dan Satuannya dalam Sistem Internasional
4.       Alat- Alat Ukur Besaran Pokok

E.    METODE PEMBELAJARAN

1.       Pendekatan            : Scientific
2.       Strategi                    :Inquiry
3.       Metode                    : Diskusi dan eksperimen
4.       Model                      : cooperative jigsaw

F.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.       Media
Charta

2.       Alat dan Bahan
a.       Alat ukur
Mistar 2 buah, Neraca 2 buah, Stopwach 2  buah
b.       Bahan :
Makanan ringan, Buku sebagai bahan untuk diukur

3.       Sumber Belajar
a.       Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, 2008, Buku IPA SMP Kelas VII, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
b.       LKS
G.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Langkah-langkah inquiry Learning
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
karakter
Pendahuluan

Pemusatan Perhatian :
-   Guru mengucapkan salam kemudian mengajak siswa untuk berdo’a

1 menit
religius
-   Guru mengabsen siswa.

1 menit
disiplin
-   Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya. ( apersepsi )

2 menit
Rasa ingin tahu
-   Guru memperlihatkan Charta, kemudian guru mengajukan pertanyaan :
·  Apa yang kalian lihat dari charta ini ?
·  Sebutkan nama alat yang digunakan ?

2 menit
Rasa ingin tahu
-          Guru menyampaikan tujuan
1 menit

Kegiatan Inti
Menciptakan situasi (stimulus)
-          Guru mengelompokkan siswa ke dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 3 dan 4 orang siswa.
4 menit
Tanggung jawab
Identifikasi masalah

-          Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu percobaan pengukuran panjang, massa dan waktu.
5 menit

Pengumpulan data

-          Diskusi kelompok untuk menggunakan alat dan bahan yang akan digunakan untuk mengkaji LKS.
-          Siswa melakukan eksperimen pengukuran panjang, massa dan waktu sesuai prosedur dalam LKS
-          Siswa mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada LKS
-          Guru melakukan penilaian keterampilan dan sikap selama melakukan percobaan.

25 menit
Kreatif,  rasa ingin tahu, cermat, kerjasama dan skeptis
Pengolahan data dan analisis


-          Siswa mengolah dan menganalisis data hasil percobaan pada tabel dan LKS.


8 menit
Cermat dan teliti
Verifikasi
-          Semua kelompok melakukan presentasi
 10 menit
Percaya diri
Generalisasi
-          Membuat kesimpulan
3 menit
Cermat dan teliti
Penutup
-

-          Guru memberikan penghargaan untuk kelompok yang kinerjanya paling baik.
3 menit
Cermat dan teliti
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
5 menit
Cermat dan teliti
-          Guru memberikan tes tertulis pada siswa , setelah mereview kegiatan pembelajaran.
7 menit
Jujur
-          Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya yaitu mempelajari tentang besaran turunan
1 menit
tanggungjawab
-          Guru mengajak siswa untuk berdoa dan mengucap salam
2 menit
Religius

H.   PENILAIAN




Semarang, 16 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

ISTI SATU
NIP. 0000000000000000

ISTI DUA
NIP. 111111111111111

LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP
Kelompok             :  ……………………
Nama Siswa         :  ................................
1.
...........................
5. ......................................
2.
...........................
6. ......................................
3.
...........................
7. ......................................
4.
...........................
8. ......................................

Petunjuk Pengisian:
Beri tanda check list  (√) pada pada kolom yang sesuai dengan perilaku siswa dalam kerja kelompok selama proses pembelajaran berlangsung
No
Aspek yang diobservasi
Hasil pengamatan
1
2
3
4
1
Memiliki sikap skeptis dalam melakukan percobaan




2
Cermat dalam memilih alat ukur yang digunakan




3
Bersikap objektif dalam melaksanakan praktikum




4
Jujur dalam menulis hasil praktikum




Jumlah




Total

Nilai Akhir (Total/4)


Kualifikasi Nilai Akhi (NA) penilaian sikap
Skor
Kualifikasi
1,00 – 1,99
Sikap Kurang (K)
2,00 – 2,99
Sikap Cukup (C)
3,00 – 3,99
Sikap Baik (B)
4,00
Sikap sangat baik (SB)

RUMUSAN NILAI AKHIR ( NA ):

Text Box: NA=(∑▒skor)/4


RUBRIK PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP

ASPEK
KRITERIA
SKOR
Bersikap skeptis dalam melakukan percobaan
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Cermat dalam mengambil alat dan bahan
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Jujur dalam pengambilan data hasil pengukuran
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1

Selalu tampak
4
Objektif dalam melaksanakan praktikum
Sering tampak
3

Mulai tampak
2

Belum tmpak
1

INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN
Nama Siswa :  ……………………
Kelas     : ……………………
Nomor Absen:  ……………………
Petunjuk Penugasan Individual:
1.      Bacalah buku-buku atau sumber lain tentang eksponen/bilangan berpangkat dan tuliskan buku atau sumber belajar yang kamu baca
2.      Buatlah 10 soal dan perhatikan urutan soal dari yang tingkat kesukarannya mudah, sedang dan sukar, berilah keterangan tingkat kesukaran pada tiap-tiap soal yang kaum buat
3.      Selesaikan soal-soal yang kamu buat secara runtut dan perhatikan kerapihan/kejelasan tulisan
4.      Kumpulkan pada saat pertemuan berikutnya
Laporan Tugas Individual:
Ø  Buku/sumber belajar:
……………………………………………………………………………………………….
Ø  Tingkat Kesukaran Soal:
Soal mudah          :  Soal nomor ………………………………………………………………..
Soal sedang          :  Soal nomor ………………………………………………………………..
Soal sukar             :  Soal nomor ………………………………………………………………..
Ø  Soal dan Jawaban:
………………………………………………………………………………………………......……………………………………………
RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN TEKNIK NON TES BENTUK PENUGASAN PROYEK

Tahapan
Diskripsi Kegiatan
Kriteria
Skor
Persiapan
Penyiapan sumber dan bahan ( A )
Menuliskan 3 sumber belajar atau lebih
4
Menuliskan 2 sumber belajar
3
Menuliskan 1 sumber belajar
2
Tidak menuliskan sumber belajar
1
Penyusunan desain (B)
Semua soal ditulis kriteria kesukarannya
4
Sebagian besar soal ditulis kriteria kesukarannya
3
Sebagian kecil soal ditulis kriteria kesukarannya
2
Semua soal tidak ditulis kriteria kesukarannya
1
Pelaksanaan
Proses
Penyelesaian 
Soal ( A )
Semua soal diselesaikan dengan proses yang benar
4
Sebagian besar soal diselesaikan dengan proses yang benar
3
Sebagian kecil soal diselesaikan dengan proses yang benar
2
Semua soal tidak dikerjakan dengan proses yang benar
1
Hasil Akhir
Penyelesaian 
Soal ( B )
Semua soal diselesaikan dengan hasil yang benar
4
Sebagian besar soal diselesaikan dengan hasil
3
Sebagian kecil soal diselesaikan dengan hasil yang benar
2
Semua soal tidak dikerjakan dengan hasil yang benar
1
Pelaporan


Kerapihan dan
Kelengkapan
( A )
Semua soal dan penyelesaian ditulis dengan rapih
4
Sebagian besar soal dan penyelesaian ditulis dengan rapih
3
Sebagian kecil soal dan penyelesaian ditulis dengan rapih
2
Semua soal dan penyelesaian tidak ditulis dengan rapih
1
Ketepatan
Watu (B)
Tugas dikumpulkan tepat waktu
4
Tugas dikumpulkan tidak tepat waktu dengan memberikan alasan yang rasional/logis
3
Tugas dikumpulkan tidak tepat waktu dengan memberikan alasan yang tidak rasional/logis
2
Tidak mengumpulkan tugas
1
Text Box: NA=(∑▒skor)/6


INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PENGETAHUAN
Nama Siswa :  ……………………
Kelas      : ……………………
Nomor Absen:  ……………………

Petunjuk Mengerjakan:

1.      Kerjakan soal-soal berikut dengan cermat, teliti, jujur dan secara mandiri
2.      Perhatikan instruksi dari bapak/ibu guru dan sikap dalam mengerjakan soal akan diamati oleh guru

Soal Pilihan Ganda

1.       Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur..........
  1. Waktu                                     
  2.  panjang
  3. Suhu                                        
  4.  Kuat arus
2.       Suatu satuan yang memenuhi syarat sebagai satuan SI adalah :
1.       Nilainya tetap
2.       Mudah ditiru dan diperbanyak
3.       Berlaku secara nasional
4.       Mudah diubah ( dikonversi ) ke satuan lainnya
             Pernyataan yang benar adalah......
a.       1,2, dan 3                   
b.       1,2, dan 4
c.        1,3, dan 4
d.       2,3, dan 4                                                                                                                        
  1. Sebuah benda di bumi mempunyai massa 20 kg, Massa benda itu di bulan adalah........
  1. Kurang dari 20 kg
  2. Sama dengan 20 kg
  3. Lebih dari 20 kg
  4. Nol

Soal Esay

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan besaran pokok ?
  2. Besaran dibagi menjadi dua salah satunya Besaran Pokok. Coba jelaskan tiga macam besaran pokok dan satuannya dalam Sistem Internasional ?
  3. Farid mengukur panjang pensil yang hasilnya ditunjukkan gambar
Berapakah panjang pensil tersebut?
Jawaban:
………………………………………………………………………………………………….............................................................................

KUNCI JAWABAN:

Soal Pilihan Ganda
1.       A , 2. B, 3. A

Soal Esay
1.       . Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan tersendiri
2.       .
besaran
Satuan
panjang
Meter
massa
Kilogram

3.       Panjang pensil 5,8 cm

PEDOMAN PENSEKORAN:

Soal Pilihan Ganda
No
Skor
1
20
2
20
3
20
RUMUSAN NILAI AKHIR ( NA ):
Soal Esay
Kriteria Jawaban Tiap Nomor Soal
Skor
Proses dan hasil akhir sesuai
4
Proses sesuai tetapi hasil akhir tidak sesuai
3
Proses tidak sesuai tetapi hasil akhir sesuai
2
Proses dan hasil akhir tidak sesuai
1
Tidak menjawab
0

RUMUSAN NILAI AKHIR ( NA ):

Text Box: NA=(∑▒skor)/3



DAFTAR NILAI SISWA ASPEK PENGETAHUAN
Mata Pelajaran    :IPA
Kelas/Semester    :VII/1
Topik                                     :Objek IPA dan Pengamatan
Sub Topik                             :Besaran Pokok dan Besaran Turunan
No
Nama Siswa
Nomor Soal
Jumlah
NA
1
2
3















Text Box: NA=(∑▒skor)/3RUMUSAN NILAI AKHIR ( NA ):

LAPORKAN MASALAH LINK TIDAK AKTIF

Langganan Artikel